Friday, June 17, 2016

Dahsyatnya Sakaratul Maut


Imam Ghazali berkata, “Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi boleh bercakap sebentar, tentu dia akan menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, nescaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri”. (Imam Ghazali mengutip atsar Al-Hasan).

Rasulullah s.a.w. bersabda, "Sakaratul maut itu sakitnya sama dengan tusukan tiga ratus pedang." (HR. Tirmidzi)

Kemudian Rasulullah s.a.w. juga bersabda, "Kematian yang paling ringan ibarat sebatang pohon penuh duri yang menancap di selembar kain sutera. Apakah batang pohon duri itu dapat diambil tanpa membawa bersama bahagian kain sutera yang tersobek ?" (HR Bukhari)

Imam Ghazali berpendapat, "Sakaratul maut ibarat sebatang pohon berduri yang dimasukkan dalam perut seseorang. Kemudian seorang lelaki menariknya dengan sekuat-kuatnya sehingga ranting itupun membawa semua bahagian tubuh yang tersangkut padanya dan meninggalkan yang tersisa."

"Rasa sakit yang dirasakan selama sakaratul maut seperti menghujam jiwa dan menyebar ke seluruh anggota tubuh sehingga bahagian orang yang sedang sakarat merasakan dirinya ditarik-tarik dan dicabut dari setiap urat nadi, urat syaraf, persendian, dan dari setiap akar rambut serta kulit kepala hingga kaki."

Semoga kita dimatikan dalam husnul khotimah...Aamiin.

No comments:

Post a Comment