Wednesday, October 31, 2012

Pastikan Sumber Makanan Itu Halal




Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ;

“Jika seorang beribadah maka Iblis berkata, ‘lihatlah dari mana sumber makanannya. Kalau ternyata sumber makanannya adalah dari yang haram maka biarkan saja dia beribadah dan tidak usah susah-susah menggodanya kerana dia sudah meringankan tugas kalian (teman-teman iblis/syaitan).” (HR.Imam Al Baihaqi).

Ketika seseorang melakukan ibadah, syaitan akan mengatur rancangan supaya ibadahnya tidak diterima, dibisikkan, supaya tidak ikhlas, supaya riya' (sombong), ana niyah /keakuan(merasa sayalah yang begini, menyebabkan begini...

Dan ketika seseorang beribadah, sedangkan dia memakan makanan yang haram secara makanannya ataupun cara mendapatkannya, maka tidak akan diterima ibadahnya sebelum dia bertaubat kepada Allah subhanahu wata'ala...

Allah Ta’ala berfirman:

Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal soleh, kemudian tetap di jalan yang benar (Thaha: 82).

Semoga kita dijauhkan dari makanan haram, dan dijauhkan dari hal-hal yang dilarang Allah subhanahu wa ta'ala sehingga amal ibadah kita diterima-Nya. Afwan.


No comments:

Post a Comment